Senin, 24 Mei 2010

Bagaimana Menulis Proposal Bisnis



Bagi wirausahawan yang baru akan memulai usaha maupun yang akan mengembangkan usaha memerlukan proposal bisnis atau proposal usaha untuk menggaet investor. Contoh proposal bisnis adalah Proposal Usaha Penyewaan Tenda. Proposal bisnis atau proposal usaha merupakan versi populer dari studi kelayakan bisnis atau feasibility study. Aspek-aspek yang dibahas pada studi kelayakan bisnis/usaha meliputi aspek pemasaran, aspek teknis-teknologis, aspek manajemen, aspek legalitas, aspek lingkungan dan aspek finansial. Contoh dari studi kelayakan usaha adalah Studi Kelayakan Industri Gelatin. Berikut disampaikan tips bagaimana menulis proposal bisnis.



A. Latar Belakang

Latar belakang berisi ide yang melatarbelakangi Anda memulai bisnis, mengapa bisnis yang dilakukan prospektif, keunggulan produk, keunggulan Anda sebnagai pelaku dan lainnya. Latar belakang harus menunjukkan keunggulan dari bisnis yang telah atau akan dilakukan.



B. Data Bisnis

Data bisnis berisi deskripsi produk, merek, manfaat, keunikan, perbedaan dengan produk serupa.



C. Potensi dan Segmen Pasar

Bab ini berisi data potensi pasar, segmen pasar dan target pasar yang akan diraih. Segmen pasar dapat berupa data dari segi usia, gender, pendidikan, wilayah, komunitas dll. Segmen pasar dan target pasar harus ditampilkan secara spesifik berupa jumlah maupun karakteristiknya. Selain itu perlu pula dibahas mengenai struktur persaingan pasar.



D. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran berisi bagaimana cara mendapatkan pelanggan dan bagaimana dapat bersaing seperti target pasar spesifik yang dibidik, diferensiasi, biaya dan harga murah. Marketing tools yang dipakai seperti iklan, promosi potongan harga, pameran dll.



E. Aspek Keuangan
Aspek keuangan terdiri dari modal atau investasi awal, sumber modal, jangka waktu pinjaman, rencana Cashflow, cashflow history, analisis finansial (Laba rugi, BEP, kriteria kelayakan usaha (NPV, IRR, PBP) dan analisis sensitifitas.



F. Aspek Lainnya
Aspek lainnya dapat berupa aspek legal (pengurusan izin, bentuk perusahaan), aspek manajemen (kebutuhan tenaga kerja, struktur organisasi) atau aspek lingkungan. Selain itu dapat pula dibahas mengenai resiko yang dapat muncul ketika menjalankan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Agroindustri

Kemasan Cerdas dengan Sensor Kebusukan Fillet Ikan. Mahasiswa bernama lengkap Yogi Waldingga Hasnedi berhasil membuat kemasan cerdas pendeteksi kebusukan fillet ikan. Ia memulai penelitiannya karena melihat bahwa penilaian kesegaran ikan yang dilakukan masyarakat sampai saat ini masih menggunakan indra dengan faktor yang diamati berupa penampakan (diamati pada mata, kulit, dan insang), tekstur, bau, dan warna. Sejalan dengan kemajuan teknik kemasan, berbagai penilaian tingkat kesegaran ikan saat ini telah mengarah pada produk kemasan yang terintegrasi antara nilai kemasan tersebut dengan tingkat kesegaran ikan itu sendiri...Selengkapnya

Tips Trik Menulis Skripsi