Kamis, 21 Februari 2013

Bahaya Minyak Goreng dan Cara Mengatasinya


Tahukah Anda berapa banyak Anda mengkonsumsi minyak setiap harinya?

Setiap hari kita hampir tidak dapat dipisahkan dalam mengkonsumsi minyak goreng. Setiap hari kita mengkonsumsi minimal salah satu dari makanan berikut: tempe/tahu/telor/ayam/ikan/pisang/nasi goreng, keripik. kerupuk, perkedel, mpek2, batagor, martabak telor, sambal goreng dll. Semuanya menggunakan media minyak untuk mematangkan makanan.

Lalu berapa banyak kah minyak yang terkonsumsi oleh kita saat kita menyantap makanan di atas?

Beberapa produk gorengan pernah saya coba ditiriskan minyaknya  menggunakan spiner. Setiap 3 kg keripik bayam yg sudah ditiriskan manual (ditaruh di atas saringan) menghasilkan minyak sekitar 50 ml. 1 butir telur dadar menghasilkan sekitar 5 ml minyak. Sekitar seperempat kg sambal goreng tempe sekitar 10 ml minyak. Bisa jadi, setiap hari kita bisa mengkonsumsi sampai 50 ml minyak goreng.

Berbahayakah minyak goreng untuk kesehatan?    

Untuk minyak goreng yang sekali digunakan relatif tidak terlalu berbahaya untuk tubuh dibanding minyak goreng yang dipakai berulang kali. Minyak goreng terutama yang sering dipakai berulang kali dapat menyebakan peningkatan kolesterol jahat yang dapat berakibat timbulnya penyakit tekanan darah tinggi dan jantung.Selain itu, minyak tersebut dapat bersifat karsinogenik dapat memicu terjadinya kanker.

Tentunya kita tidak perlu menghindari secara ekstrim apapun makanan yang digoreng. Mengurangi makanan cepat sajitentunya baik. Salah satu cara mengurangi asupan minyak goreng yang ikut terkonsumsi dalam tubuh kita adalah menggunakan Mesin Spiner. Mesin ini berfungsi untuk meniriskan minyak yang masih tersisa jika kita meniriskan makanan secara manual. Mesin ini bekerja dengan gaya centrifugal mengakibatkan sisa-sisa minyak yang terdapat pada permukaan produk yang digoreng terlepas. Produk yang ditiriskan tidak pecah, remuk atau hancur karena produk tersebut saling menempel dan tidak beradu satu sama lain.

Spiner 5 L Foodconindo

Mesin spiner yang diproduksi saat ini ada yang berkapasitas 30 liter dan 15 liter. Namun Foodconindo memproduksi spiner dengan kapasitas hanya 5 liter tabung luar atau 3,8 liter tabung dalam. Spiner ini cocok untuk Rumah Tangga yang peduli kesehatan, rumah makan, restoran, pedagang gorengan, pedagang masakan cepat saji (ayam goreng), serta cocok juga untuk yang punya usaha skala rumahan (abon, keripik dll). Fungsi spiner ini untuk meniriskan minyak produk gorengan & produk berminyak lainnya (Abon, keripik, tempe/tahu goreng, ikan/daging/telur goreng, sambal goreng, tempe, bakwan & makanan yang digoreng lainnya)

Manfaat mesin spiner tersebut yaitu :
1. Mengurangi kadar minyak pada produk gorengan
2. Mengurangi resiko ketengikan produk gorengan
3. Mengawetkan produk berminyak
4. Mengurangi koresterol karena minyak berkurang
5. Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dll

Harga spiner 5 L produksi Foodconindo tersebut hanya 1,2 juta rupiah. Cukup murah untuk Anda yang peduli kesehatan. Berikut Spesifikasi Spiner 5 L Foodconindo:
- Listrik 135 watt
- Bahan Stainless Steel
- Dimensi d 22 cm  t 30 cm
- Vol wadah luar 7 liter
- Vol peniris 3,8 liter
- Lama penirisan 2 mnt
- Diameter lubang peniris 4 mm
- Berat sktr 4 kg
- Packing kardus

Jika Anda berminat, dapat menghubungi:

M.Ihsanur
081377108822
pin: 26B7E4AA
twitter: mesinpangan
FB: mohamad.ihsanur

1 komentar:

  1. Spinner sangat membantu bagi pelaku usaha olahan makanan gorengan seperti kripik buah, kripik umbi-umbian, kripik pisang, kripik tahu, kripik tempe, abon dan lain-lain.

    Kandungan minyak yang tinggi dari makanan yang digoreng tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha makanan, sehingga makanan tersebut cepat tengik dan otomatis tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini seringkali terjadi pada makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi atau penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang - ulang.

    Manfaat spinner (peniris minyak)
    1. Mengurangi kadar minyak pada makanan gorengan
    2. Dapat juga digunakan untuk mengurangi kadar air pada produk tertentu, misal : bahan baku yang dicuci dan ingin cepat kering
    3. Dapat meningkatkan kualitas produk makanan lebih tahan lama (tidak cepat tengik)
    4. Baik untuk kesehatan yaitu menurunkan kolestrol dalam darah akibat dari makanan yang goreng tersebut.

    langsung aja kesini http://www.indahmesin.com/produk-mesin/spinner

    BalasHapus

Berita Agroindustri

Kemasan Cerdas dengan Sensor Kebusukan Fillet Ikan. Mahasiswa bernama lengkap Yogi Waldingga Hasnedi berhasil membuat kemasan cerdas pendeteksi kebusukan fillet ikan. Ia memulai penelitiannya karena melihat bahwa penilaian kesegaran ikan yang dilakukan masyarakat sampai saat ini masih menggunakan indra dengan faktor yang diamati berupa penampakan (diamati pada mata, kulit, dan insang), tekstur, bau, dan warna. Sejalan dengan kemajuan teknik kemasan, berbagai penilaian tingkat kesegaran ikan saat ini telah mengarah pada produk kemasan yang terintegrasi antara nilai kemasan tersebut dengan tingkat kesegaran ikan itu sendiri...Selengkapnya

Tips Trik Menulis Skripsi